Jumat, 29 Mei 2009

RS Graha Amerta


Surabaya, Kompas - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo Surabaya melebarkan kepak bisnisnya dengan menghadirkan sebuah gedung pengobatan mewah. Gedung Graha Amerta, demikian namanya, bernilai Rp 51 miliar diperuntukkan bagi kalangan eksekutif di Surabaya yang memiliki kebiasaan berobat ke luar negeri.

"Dengan fasilitas tak kalah dengan rumah sakit di luar negeri, di Singapura misalnya, kami optimistis, Graha Amerta bisa eksis sebagai tempat pengobatan representatif bagi eksekutif Surabaya," kata dr Bayu Santoso, spesialis Rehabilitasi Medik RSUD Dr Soetomo, Rabu (21/5). Graha Amerta menurut rencana diresmikan Menteri Kesehatan Achmad Sujudi, 27 Mei mendatang.

Yayuk, staf di Graha Amerta menambahkan, pasien VVIP Graha Amerta bakal mendapat fasilitas jauh lebih baik dari Paviliun Airlangga yang bertarif Rp 450.000. RSUD telah memberi ancar-ancar harga Rp 750.000 semalam untuk perawatan di Graha Amerta.

Akan tetapi, kata Yayuk, tarif itu masih akan dikonsultasikan dengan pemerintah provinsi sebagai salah satu pemilik saham. Menurut Bayu, anggaran pembangunan Graha Amerta sebesar Rp 51 miliar berasal dari APBN dan ABPD Jatim serta dana RSUD Soetomo sendiri.

Yayuk mengatakan, dengan luas sekitar 4 meter x 8 meter, dilengkapi ruang tamu, ruang kerja, dan dapur kecil. Di ruangan itu ditaruh dua layar televisi, masing-masing untuk pasien dan tamu. Juga ada kulkas dan satu set sofa.

Pasien pribadi

Bayu Santoso menyatakan, tujuan lain pembangunan Graha Amerta sebagai tempat pengobatan modern adalah persiapan era globalisasi dan memberikan tempat bagi dokter spesialis untuk merawat pasien pribadinya.

Graha Amerta yang mulai dibangun sejak tahun 1997 berada di atas lahan 9.500 meter persegi dengan luas bangunan 11.600 meter persegi. Gedung itu memiliki tujuh lantai, dilengkapi dengan aneka usaha seperti toko suvenir, shop, laboratorium, parabola, warung Internet dan warung telekomunikasi, serta tempat ibadah. Di sana juga dilakukan pelayanan bayi tabung, gawat darurat, ruang isolasi dan solarium, serta laboratorium patologi klinik.


Lokasi: Kecamatan Gubeng,Surabaya Timur,Kelurahan Airlangga
Pimpinan: dr. -
Alamat: Jl. Airlangga 1
Phone: (031) 5501355

0 komentar:

About This Blog

About This Blog

  © Free Blogger Templates Spain by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP